Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ekstrak File Part Menjadi Satu File / Folder

Cara Menggabungkan File Part Menjadi Satu File

Hai semua, apakah kamu pernah mendownload file namun file tersebut terpisah dan sangat banyak? hal ini memang wajar jika kamu sering mendownload file-file besar seperti download game yang ukurannya lebih dari puluhan GB. Pada saat itu pasti kamu sempat bingung mengapa download file tersebut harus dipisah menjadi beberapa part.
 
Lalu, mengapa file tersebut dibuat menjadi beberapa part/bagian? mendownload file menjadi beberapa part memang sedikit ribet dan membingungkan, namun juga ada alasan bagusnya mengapa file tersebut dibuat menjadi beberapa part. Berikut alasan mengapa file diuat menjadi beberapa part.

Alasan File Dibuat Menjadi Beberapa Part/Bagian

Sebagian penyedian situs download file besar seperti downoad game, mengupload file tersebut menjadi beberapa part/bagian. Hal tersebut mempunyai alasan dan manfaat bagi upoloader atau downloader sendiri. Berikut alasan mengapa file diuat menjadi beberapa part.

1. Mempermudah Download File

Salah satu alasan yang menguntungkan bagi keduanya adalah mempermudah upload dan download file tersebut. Dengan dibuatnya file menjadi beberapa part maka ukuran file akan lebih kecil dan pastinya mudah untuk di upload/download.

Pasti kamu pernah mendownload file besar namun tiba-tiba koneksi terputus atau kecepatan internet kamu sangat lamban sehingga menyebabkan file tersebut gagal dan corrupt. Maka dari itu, jika kamu mendownload file besar dengan beberapa part maka risiko gagal semakin kecil karena ukuran file lebih kecil.

Meskipun jika gagal, kamu tidak perlu mendownload semuanya. Cukup ulangi download bagian yang gagal/corrupt.

2. Menghemat Penyimpanan

Jika kamu mendownload file besar dengan ukuran file berpuluh GB pasti memakan ruang yang sangat banyak. Pasti kamu langsung bergegas menuju warnet atau mengunjungi penyedia wifi yang cepat untuk mendownload file tersebut. Disaat mendownload ternyata ruang penyimpanan kalian tidak cukup atau penuh sehingga proses download gagal.

Maka dari itu dengan dibuatnya file menjadi beberapa part, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah ruang penyimpanan. Kamu dapat menyimpan file part tersebut ke penyimpanan lain seperti memori sd atau flashdisk terlebih dahulu kemudian kamu dapat memindahkannya lagi ke penyimpanan utama.

Sehingga kamu tidak akan kebingungan lagi saat mendownload file besar meskipun saat itu ruang penyimpanan memori kamu sedang penuh

3. Mempersingkat Waktu Download

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk mengupload atau mendownload file dengan ukuran besar maka membutuhkan waktu yang lama dan kecepatan internet stabil. Disaat kamu mendownload file besar puluhan GB pasti membutuhkan waktu yang lama bahkan berhari-hari dan kemungkinan akan sukses/gagal.

Maka dari itu dengan dibuatnya file menjadi beberapa bagian, kamu dapat mendownload file tersebut dengan waktu yang lebih singkat tanpa berhari-hari. Meskipun kuota internet kamutidak cukup untuk mendownload semua bagian, kamu dapat mendownload bagian lainnya di warnet ataupun penyedia wifi. Hal tersebut dapat mengurangi risiko download file gagal.

Itulah alasannya mengapa file dengan ukuran besar lebih baik dibuat menjadi beberapa part/bagian, selain menguntungkan bagi uploader juga menguntungkan bagi downloader sendiri. Jika kalian sudah mengetahui alasannya maka langsung saja menuju Cara Ekstrak File Part Menjadi Satu File / Folder. Cara ini adalah untuk menggabungkan file menjadi satu saat diekstrak.

Cara Ekstrak File Part Menjadi Satu File / Folder

Jika kamu mendownload file yang dipisah menjadi beberapa part, Si uploader file tersebut mengarchivenya dalm bentuk ekstensi yang berbeda-beda seperti .rar, .zip dan .7z

Biasanya jika file part berkestensi .rar maka biasanya di setiap judul file terdapat tulisan part1,part2,part3 dan seterusnya. 
 
Cara Menggabungkan File Part Menjadi Satu File
 
Jika file part berekstensi .zip biasanya file part tersebut berkestensi .zip dan file part lainnya diikuti ekstensi z01,z02,z03 dan seterusnya
 
 
Jika file part berekstensi .7z biasanya file part tersebut berekstensi .7z.001 dan file part lainnya diikuti ekstensi 002,003,004 dan seterusnya.

Untuk mengekstrak file yang terpisah menjadi satu untuk mendapatkan inti filenya kamu dapat menggunakan aplikasi Winrar ataupun 7zip. Berikut Cara Ekstrak File Part Menjadi Satu File / Folder Menggunakan Winrar.

1. Yang pertama silahkan kalian download terlebih dahulu aplikasi winrar, jika sudah punya silahkan skip saja langkah ini.

2. Kumpulkan semua file part dalam satu folder agar lebih mudah.

 
3. Untuk mengekstraknya menjadi satu file, kamu cukup ekstrak pada folder pertama saja yaitu part1 maka secara otomatis part lainnya akan mencari sendiri karena sudah dalam folder yang sama.
 
4. Pilih direktori yang kamu inginkan kemudian ekstrak
 
Cara Menggabungkan File Part Menjadi Satu File

5. Tunggu sampai selesai maka file akan terekstrak secara utuh, jika proses ekstrak gagal berarti terdapat part file yang corrupt. Untuk mengatasinya kamu harus mendownload ulang pada bagian file yang corrupt tersebut.

Akhir Kata

Itulah Cara Ekstrak File Part Menjadi Satu File / Folder. Semoga dengan tutorial di atas dapat membantu kamu yang bingung bagaimana caranya untuk menggabungkan/ekstrak file berukuran besar yang dibuat terpisah. Jika ada masukan silahkan komentar di bawah dan jangan lupa pantau terus blog GameKentang untuk mengetahui info selanjutnya.
 
Pandu Setia Darmawan
Pandu Setia Darmawan Saya Pandu Setia Darmawan. Lulusan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Mulai ngeblog sejak tahun 2018, suka menulis artikel tentang Game dan Teknologi